MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
TINGKAT/PROGRAM : XII
/ SM, MM
GURU MAPEL : DIDI SUKMANA, S.Pd
1.
Dari Jakarta ke Bandung ada 4 jalan dan dari
Bandung ke Pangandaran ada 2 jalan. Jalan yang dapat dilalui dari Jakarta ke
Pangandaran jika harus lewat Bandung adalah ……….
2.
Dari angka-angka 1, 2, 3, 4, 5 akan disusun
suatu bilangan yang terdiri dari 3 angka yang berbeda. Banyaknya bilangan yang
mungkin terjadi adalah ……..
3.
Dari angka 2, 4, 5, 6 dan 8 dibuat bilangan yang
terdiri atas tiga anga yang berbeda. Banyaknya bilangan yang terbentuk yang
nilainya kurang dari 300 adalah ………
4.
Pada pelemparan dua dadu sebanyak 144 kali,
frekuensi harapan munculnya mata dadu berjumlah 5 atau 8 adalah ………
5.
Dari 8 0rang akan dipilih untuk jabatan ketua,
wakil ketua, sekertaris dan bendahara. Banyaknya cara pemilihan tersebut adalah
…….
6.
Jika akan dipilih 5 orang pengurus Pramuka dari
12 orang calon pengurus, banyaknya cara pemilihan tersebut adalah ………
7.
Jika tiga mata uang logam yang identik dilempar
undi sekali, peluang munculnya 2 gambar adalah ………..
8.
6! = …………..
9.
(4 – 4)! = …………
10.
Dua buah dadu dilempar undi sebanyak 180 kali.
Frekuensi harapan munculnya jumlah 12 pada kedua dadu itu adalah ………
11.
Sebuah dadu dan sebuah uang logam dilempar undi
sekali secara serentak. Peluang munculnya mata dadu 6 dan gambar pada mata uang
logam adalah ………….
12.
Dua buah dadu dilempar undi sekali. Peluang
munculnya jumlah 4 atau 5 pada angka kedua mata dadu itu adalah ………..
13.
Ada 100 siswa baru yang belum saling mengenal
satu dengan yang lainnya. Jika ingin berkenalan dengan berjabat tangan maka
banyaknya jabat tangan yang terjadi adalah ………
14.
Sebuah kotak berisi 5 bola merah, 4 bola biru
dan 3 bola kuning. Dari dalam kotak diambil 3 bola sekaligus secara acak,
peluang terambil bola 2 bola merah dan 1 bola biru adalah …….
15.
Dalam sebuah kotak terdapat 4 kelereng merah dan
8 kelereng kuning. Bila diambil 5 kelereng sekaligus, peluang terambil kelereng
2 merah dan 3 kuning adalah …..
16.
Dua buah dadu dilempar undi sekaligus sebanyak
satu kali. Peluang muncu jumlah kedua dadu sama dengan 7 atau 10 adalah …….
a
17.
Nilai rata-rata dari data: 8, 6, 7, 5, 6, 4, 9,
x, 3, 7 adalah 6,2. Jadi nilai x adalah ……..
a.
18.
Diketahui data : 7, 3, 4, 6, 5, 8, 4, 9, 7, 5,
7, 6. Nilai mediannya adalah ………
19.
Diketahui data : 6, 3, 4, 7, 5, 8, 4, 9, 7, 5,7,
6. Nilai modusnya adalah …….
20.
Diketahui data: 6, 3, 4, 7, 5, 8, 4, 9, 7, 5,7,
6. Nilai kuartil pertamanya adalah …….
21.
Nilai ulangan matematika dari 30 siswa tercatat
dalam table berikut ini. Mean dari data pada table tersebut adalah ………
Nilai
|
Frekuensi
|
41 – 50
51
– 60
61
– 70
71
– 80
81
– 90
91
- 100
|
2
4
9
7
5
3
|
22.
Nilai range dari data: 27, 30, 24, 37, 35, 22,
27, 30 adalah ………..
23.
Diagram lambang disebut juga dengan …………
24.
Nilai-nilai ulangan harian Fatmawati adalah 55,
45, 70, 70. Nilai ulangan harian kelima yang harus diperoleh Fatmawati agar
memperoleh nilai rata-rata 65 adalah ……………
25.
Dari diagram di samping diketahui jumlah siswa seluruhnya 180 anak.
Banyaknya anak yang beraangkat dengan sepeda ada ………
Mobil 15%
|
Motor 40%
|
Jalan 20%
|
sepeda
|
26.
Mean dari data pada table distribusi frekuensi
di bawah ini adalah ……….
Berat Badan
|
Frekuensi
|
40 – 44
45 – 49
50 – 54
55 – 59
|
2
4
3
1
|
27.
Modus dari data berikut adalah …….
Nilai
|
Frekuensi
|
|
30 – 39
40 – 49
50 – 59
60 – 69
70 – 79
80 – 89
|
2
4
10
20
5
9
|
28. Rataan hitung tinggi badan 9 siswa adalah 155 cm. jika
ditambah seorang siswa baru , maka rataan hitung tinggi badan menjadi 155 cm.
tinggi badan siswa baru itu adalah ……..
29.
Kuartil atas data
1,3, 5, 6, 6, 8, 8, 9, 10, 12 adalah ………
30. Nilai D4 dari data: 24, 26, 28, 31, 34, 36,
40 adalah ………
1 komentar:
penjelasannya dk ada?
Posting Komentar